Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Atasi Sampah, Nirmala Saba Resmi Dibuka, Usung 3R

Reduce, Reuse, Recycle Pengolahan Sampah Berbasis Sumber di Denpasar

OLAH SAMPAH: Pelaksanaan operasional perdana Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih pada Jumat, 1 Desember 2023.  

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Pemerintah Kota Denpasar terus mendukung pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuce Recycle (TPS3R) di setiap desa/kelurahan. Kali ini, setelah pembangunan fisik tuntas dikerjakan, TPS3R Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih resmi beroperasi pada Jumat, 1 Desember 2023.

Beroperasinya TPS3R ini diharapkan mampu mendukung terciptanya pengolahan sampah berbasis sumber di Kota Denpasar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Pembangunan Kota Denpasar, A.A Gde Risnawan, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Ketut Budha, perwakilan Camat Denpasar Timur, perwakilan Kelurahan Penatih, Bendesa Adat se Kelurahan Penatih, dan Kepala Lingkungan se Kelurahan Penatih.

Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan penyerahan kartu anggota pemanfaat bagi masyarakat.

Asisten Administrasi Pembangunan Kota Denpasar, A.A Gde Risnawan dalam kesempatan tersebut menjelaskan, sampah merupakan permasalahan klasik perkotaan.

Dimana, penanganan sampah berbasis sumber merupakan salah satu opsi guna mendukung optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasar.

Lebih lanjut dijelaskan, kehadiran TPS3R Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih merupakan angin segar penanganan sampah di Kota Denpasar.

Sehingga diharapkan kehadiran TPS3R ini mampu mengatasi masalah sampah minimal di wilayah Banjar Saba hingga Kelurahan Penatih dan sekitarnya.

“Tentu kami memberikan apresiasi, sekaligus menjadi angin segar dalam pemanganan sampah di Kota Denpasar, minimal bisa mengatasi permasalahan sampah di Banjar Saba hingga Kelurahan Penatih serta daerah penyangga, semoga hadirnya TPS3R ini mampu menjadi contoh dalam pengolahan sampaj berbasis sumber di Kota Denpasar,” ujarnya

Lurah Penatih, I Wayan Mudra mengatakan, TPS3R ini didirikan guna mendukung kebijakan pengolahan sampah berbasis sumber di Kota Denpasar.

Dimana, saat ini TPS3R Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan sampah di Banjar Saba dan Kelurahan Penatih secara umum.

Dikatakannya, saat ini TPS3R Nirmala Saba Penatih, Banjar Saba, Kelurahan Penatih ini difokuskan dalam mendukung pengolahan sampah yang sudah dipilah.

Dimana pengolahannya difokuskan untuk komposting dan kedepan akan dikembangkan dengan penambahan Meskn Gibrik.

“Saat ini penanganan sampah yang dipilah menjadi fokus utama, dan kedepan akan ditambah mesin gibrik, diharapkan pengolahan sampah lebih optimal guna menekan pergerakan sampah menuju TPST dan TPA Suwung,” ujarnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!