Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Pentas Seni Jagatnatha Pertukaran Mahasiswa Merdeka Unwar Banjir Pujian

APRESIASI: Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga dalam Pentas Seni Jagatnatha di Nabeshima Creative Space, Denpasar, Sabtu, 7 Oktober 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi atas pelaksanaan gelaran pentas seni Jagatnatha yang digagas Kelompok I Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Warmadewa.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri pentas seni Jagatnatha di Nabeshima Creative Space, Denpasar, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Kegiatan untuk memupuk rasa cinta terhadap seni budaya nusantara ini dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga, Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Pribudiarta Nur Sitepu, serta undangan lainya.

Menteri Bintang Puspayoga turut berbaur bersama menyanyikan Lagu Jempiring Putih.

Diawali dengan tari penyambutan Sekar Jempiring yang merupakan maskot Kota Denpasar, Jagatnatha menghadirkan beragam tarian nusantara, yakni Aceh, Sumatera Utara, Jawa, hingga tarian khas Suku Minahasa.

Turut ditampilkan pula lagu-lagu nusantara. Yang tak kalah spektakuler, meski berasal dari luar Bali, seluruh peserta pertukaran pelajar piawai membawakan berbahasa Bali yakni Jempiring Putih yang merupakan maskot Kota Denpasar.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mengatakan pertukaran mahasiswa merupakan salah satu cara terbaik untuk memahami keanekaragaman budaya dan tradisi yang ada di nusantara.

Pentas seni kelompok 1 Jagatnatha yang dilaksanakan hari ini merupakan bukti nyata kekayaan keberagaman budaya nusantara.

“Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bahasa, dan ini menunjukan bahwa kita semua adalah satu bangsa dan satu Indonesia,” ujarnya.

Alit Wiradana berharap melalui seni budaya dan tradisi yang dilaksanaman ini dapat merayakan keberagaman yang merupakan kekuatan sebab seni merupakan bahasa universal yang dapat menyatukan.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiask sekaligus mengucapkan terima kasih atas inisiatif luar biasa ini, sehingga dapat menjadi upaya dalam penguatan adat, seni, dan budaya serta merajut kebhinekaan, menyatukan perbedaan, sesuai dengan tujuanya adalah bertukar sementara, bermakna selamanya,” ujarnya.

Dosen Modul Nusantara, Universitas Warmadewa, Dr. Agus Dharma Yoga Pratama mengatakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Dimana, melalui program ini diharapkan dapat memberikan mahasiswa berkegiatan di luar kampus.

Lebih lanjut dijelaskan, lewat program ini mahasiswa mampu mengenal potensi diri dan meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang.

Untuk itu, Universitas Warmadewa mencoba mengemas kegiatan dengan konsep kebhinekaan dengan menampilkan budaya nusantara.

Program pertukaran mahasiswa merdeka Kelompok I Jagatnatha ini terdiri atas 14 Provinsi se-Indonesia, yakni asal Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi DI Yogyakarta hingga Provinsi Sulawesi Tengah.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi awal atau dasar untuk mencintai kebudayaan dan keragaman nusantara, serta mampu meningkatkan kreatifitas dan pengetahuan mahasiswa,” ujarnya.

Menteri PPA RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan kegiatan pentas seni Jagatnatha ini. Ia berharap pentas ini menjadi inspirasi dalam mencintai keberagaman dan perbedaan.

Ke depan Bintang Puspayoga berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa. Hal ini utamanya bagi mahasiswa untuk bisa belajar seni, budaya dan tradisi daerah lain sehingga dengan semangat merajut kebhinekaan ini dapat mendukung kecintaan terhadap adat budaya se-nusantara.

“Ucapan selamat datang kami sampaikan di Kota Denpasar, Provinsi Bali, mudah-mudahan kegiatan ini dapat menginspirasi kita semua, selamat dan apresiasi untuk pelaksanaan Pentas Seni Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Warmadewa,” ujar Bintang Puspayoga.

Salah seorang peserta pertukaran mahasiswa asal Universitas Malikussaleh, Nabila Lutfi yang mengenakan Pakian Adat Palembang mengaku senang kegiatan ini dapat berjalan lancar.

Pihaknya mengaku sangat tertarik dengan beragam materi yang ditampilkan dalam modol nusantara. Semoga kegiatan ini bisa bermakna selamanya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!