Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Bantu 30 Juta, Giri Prasta Apresiasi HUT ST. Dharma Prawerti

Banjar Lambing Abian Semal

HADIRI HUT: Bupati Nyoman Giri Prasta saat menghadiri HUT ST. Dharma Prawerti, Banjar Lambing Desa Mekar Bhuana, Abiansemal


BADUNG, Balipolitika.com-
Komitmen Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan dukungan terhadap segala kegiatan Sekaa Teruna dibuktikan dengan hadir pada puncak perayaan HUT Ke-52 ST. Dharma Prawerti sekaligus mengajak pemuda pemudi di Badung untuk terus meningkatkan kegiatan-kegiatan yang positif dalam rangka memperkuat rasa kekeluargaan dan persatuan melalui wadah organisasi Sekaa Teruna.

“Kalian yang berbahagia saat ini bapak minta 2 hal, pertama kalian tidak boleh mabuk-mabukan, tidak boleh mengganggu ketertiban umum. Kedua kalian tidak boleh kena narkoba maupun narkotika, lebih baik bantuan kalian minta, karena kalian adalah agent of change, agen perubahan,” ujar Bupati Giri Prasta saat memberikan sambutan di HUT ST. Dharma Prawerti, Banjar Lambing Desa Mekar Bhuana, Abiansemal, Sabtu 4 Mei 2024.

Bupati Giri Prasta juga memberikan bantuan kegiatan kepada Ketua ST. Dharma Prawerti sebesar Rp.30 juta, anggota DPRD Prov. Bali I Bagus Alit Sucipta sebesar Rp.26 juta serta Perbekel Mekar Bhuana sebesar Rp. 23 juta.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Prov.Bali I Bagus Alit Sucipta, Perbekel Mekar Bhuana I Wayan Wingharta, Perwakilan Camat Abiansemal, Tripika Kecamatan Abiansemal, Bendesa Adat Mekar Bhuana I Gst Putu Arka, Ketua Paiketan Yowana Kec. Abiansemal I Made Darmawan, Kelian Adat Br. Lambing I Made Widia, Kelian Dinas Br.Adat Lambing I Gst Putu Anom, Penglingsir Puri Lambing AA. Gde Agung serta masyarakat Br. Lambing.

Giri Prasta juga memberikan apresiasi luar biasa kepada Sekaa Teruna di Banjar Lambing terhadap penerapan kesetaraan gender, dimana Ketua Sekaa Teruna di Ketuai oleh seorang perempuan. Dirinya menekankan pentingnya persatuan karena di Banjar Lambing sudah memiliki tiga pilar kekuatan yakni Wimuda, Winata dan Wiwerda. Jika 3 pilar ini bisa bersatu setengah perjuangan akan berhasil dan jika 3 pilar ini tidak bersatu maka setengah perjuangan akan gagal.

Bupati Giri Prasta mengajak seluruh masyarakat untuk menegakkan nilai-nilai Tri Hita Karana, yang menggarisbawahi pentingnya hubungan harmonis antara Manusia, Tuhan, dan Lingkungan.

“Aktifitas Sekaa Teruna di ST. Dharma Prawerti sudah berjalan dengan baik dengan menerapkan Tri Hita Karana yaitu 3 sebab yang membuat kita bahagia antara lain parahyangan, palemahan dan pawongan,” ujar Bupati Giri Prasta.

Sementara Ketua ST. Dharma Prawerti I Gusti Ayu Sinta Aprilia Devi menyampaikan, acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap peringatan HUT Ke-52 ST. Dharma Prawerti dengan harapan, kegiatan yang dilaksanakan dapat menanamkan rasa kekeluargaan antara anggota Sekaa Teruna dan rasa memiliki terhadap Desa Adat Lambing. Acara dapat terlaksana karena kerja keras seluruh panitia dan berkat dukungan semua pihak.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Badung, Bapak I Bagus Alit Sucipta yang telah memberikan motivasi serta dukungan sehingga puncak perayaan HUT ST. Dharma Prawerti bisa terlaksana dan berjalan sesuai dengan yang telah kita impikan dengan menghadirkan Bapak Bupati di tengah-tengah kita,” jelasnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!