Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Luncurkan KOPER, Pemkot Denpasar Manfaatkan Taman Janggan

Sebagai Ruang Literasi, Edukasi dan Rekreasi

KOPER: Peluncuran Koper dihadiri Wawali Arya Wibawa, Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana serta pihak terkait lainnya.


DENPASAR, Balipolitika.com-
Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan meluncurkan Kontainer Perpustakaan (KOPER) yang memanfaatkan Taman Janggan Renon, sebagai ruang edukasi, rekreasi dan hiburan (edutainment), serta Literasi bersama untuk anak dan remaja.

Peluncuran KOPER ini sendiri dihadiri langsung Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, pada Kamis, 13 Juni 2024.

Selain Wawali Arya Wibawa, tampak hadir pula pada kesempatan itu, Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana serta pihak terkait lainnya.

Dalam kegiatan itu, Wawali Arya Wibawa menyampaikan, saat ini Pemerintah Kota Denpasar tengah berupaya untuk memenuhi kebutuhan di lapangan dalam hal pendekatan perpustakaan ke masyarakat.

“Harapannya adalah ruang publik seperti di Taman Janggan ini tidak hanya difungsikan sebagai area outdoor semata. Namun juga pemanfaatannya dapat diekspansi menjadi ruang edukasi dan literasi bagi semua kalangan. Baik anak anak, remaja maupun orang tua yang sedang menemani anaknya bermain di area ini,” ungkapnya.

Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara dalam kesempatan yang sama menyebut, pemilihan Taman Janggan sebagai area penyediaan koleksi bahan pustaka, merupakan upaya untuk meningkatkan layanan publik, yakni mempermudah masyarakat terhadap akses informasi, pengetahuan, hiburan.dan pelestarian budaya seperti permainan tradisional, cerita rakyat dan lain sebagainya.

“Seperti yang selama ini digaungkan, literasi harapannya akan menjadi bekal dan pegangan kita semua untuk menuju kesejahteraan,” ucap Ny. Antari Jaya Negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana, mengemukakan perpustakaan di masa ini, tidak hanya sebagai tempat membaca buku dan sirkulasi, namun telah bertransformasi menjadi media untuk membangun literasi dengan variasi yang berbeda yaitu edukasi, rekreasi dan hiburan.

“Berbagai macam kolaborasi dan kerjasama untuk pemanfaatan KOPER Taman Janggan ini kami lakukan dengan berbagai pihak, baik dari IGTKI, Komunitas Nyalanesia, pihak swasta, pegiat literasi serta kerjasama dengan perangkat daerah lainnya,” paparnya.

Selebihnya, Dewa Nyoman Sudarsana juga mengungkapkan, keberadaan KOPER, akan diiringi dengan antusiasme kunjungan masyarakat ke lokasi itu untuk melakukan berbagai kegiatan seputar literasi maupun edukasi yang menyenangkan.

“Capaian kunjungan masyarakat ke KOPER ini  hingga bulan Mei 2024, mencapai 900 orang. Kita harapkan kedepannya animo masyarakat akan terus meningkat,” imbuhnya.

Sebagai informasi, kegiatan pencanangan KOPER hari itu, juga dibarengi dengan penyerahan alat permainan edukatif dan kacamata kepada sejumlah petugas kebersihan DLHK yang merupakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Rotary Bali.

Selain itu, juga dirangkaikan dengan kegiatan dan penampilan seni oleh siswa yang berasal dari beberapa sekolah. Antara lain, paduan suara dan pianika dari SD 2 Saraswati, menyanyikan Gending Rare Bali dari SD 1 Kesiman, serta kegiatan mendongeng yang dibawakan oleh siswa dari Davincio. (bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!