Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Sekda Adi Arnawa Hadiri Upacara Melaspas di Pura Melanting Banjar Sulangai Petang

Sekda Adi Arnawa Beri Sambutan saat Hadiri Melaspas di Pura Melanting Banjar Sulangai Petang

 

BADUNG Balipolitika.com- Setelah rampungnya pembangunan Pura Melanting Banjar Sulangai Kecamatan Petang, Jumat, 19 Januari 2024, dilaksanakan puncak karya ngingkup serangkaian upacara melaspas, mendem pedagingan, tawur wraspati kalpa, menawa gempang, ngenteg linggih dan padudusan alit. Karya yang dipuput Ida Pandita Mpu Widya Parama Santika dari Griya Banjar Abing, Ida Pandita Mpu Swadaya Parama Santika dari Griya Kedampal Abiansemal, Ida Pandita Mpu dari Griya Abianbase Gianyar, turut dihadiri Camat Petang AA. Raka Sukaeling beserta tripika Kecamatan Petang, Perbekel Desa Sulangai, Bendesa Adat Sulangai, Ketua BPD Sulangai, Pekaseh Subak Sulangai, Pekaseh Subak Batu Lantang dan masyarakat setempat.

Sekda Adi Arnawa mengatakan, Pemkab Badung melalui kepemimpinan Bupati Nyoman Giri Prasta berkomitmen meringankan beban masyarakatnya, seperti pada kegiatan upacara keagamaan di Pura Melanting Banjar Sulangai Petang, Desa Adat Sulangai. Pihaknya juga mengajak kepada masyarakat, untuk tidak henti-hentinya memanjatkan rasa puji syukur kehadapan Ida Betara Betari yang berstana di Pura Melanting Banjar Sulangai Petang. “Apa yang disampaikan oleh Bendesa Adat Sulangai, berkenaan dengan pembangunan sudah berjalan dengan baik. Kita di Pemkab Badung, termasuk kabupaten yang memiliki pendapatan tinggi. Berkenaan dengan kegiatan apa yang ada di wilayah Badung, sudah pasti membantu meringankan beban masyarakatnya. Ini sebagai bukti Pemerintah Kabupaten Badung membuat masyarakatnya bahagia, dari segi upacara keagamaan,“ ucap Sekda Adi Arnawa.

Sementara itu Bendesa Adat Sulangai I Nyoman Sunarta dalam laporanya menyampaikan, terima kasih atas bangunan berkat bantuan Pemerintah Kabupaten Badung melalui dana BKK Tahun 2023. “Kami bersama warga disini, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Badung bersama Sekda Badung sudah memberikan bantuan sehingga pelaksanaan upacara ini bisa berjalan dengan lancar. Kami di Desa Adat, mendukung terhadap program apa yang dilaksanakan di Pemerintah Kabupaten Badung. Untuk dana BKK yang sudah diterima yakni bangunan fisik, parahyangan sudah selesai dilanjutkan dengan upacara pemelaspasan dan ngenteg linggih. Upacara ini menggunakan caru nawa gempang/tawur nawa gempang. Selain itu sumber dana dari APBDes sebesar Rp. 250 juta,”jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Sekda Adi Arnawa menyerahkan dana pribadi dari Bupati Badung sebesar Rp 10 juta, dilanjutkan Sekda Adi Arnawa juga secara pribadi sebesar Rp 5 juta yang diterima oleh Kelian Pura Dewa Nyoman Raka Wiratma. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!