Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Agama

Arya Wibawa Hadiri Upakara Pamelaspas SD Negeri 10 Pedungan

Upakara Pamelaspas, Pecaruan Rsi Gana dan Pujawali Saraswati

UPAKARA: Wawali Arya Wibawa Hadiri Upakara Pamelaspas, Pecaruan Rsi Gana dan Pujawali Saraswati di SD Negeri 10 Pedungan

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri sekaligus mendem dasar serangkaian Upakara Pemelaspasan, Pecaruan Rsi Gana dan Pujawali Sang Hyang Aji Saraswati di SD Negeri 10 Pedungan, bertepatan dengan Rahina Saraswati, Sabtu, 16 Desember 2023.

Upakara tersebut dilaksanakan usai renovasi dan pembangunan gedung baru SD tersebut rampung dikerjakan.

Sejak tiba, Wawali Arya Wibawa langsung meninjau gedung baru sekolah tersebut. Pihaknya memasuki satu per satu ruangan dan memberikan apresiasi atas pengerjaan fisik yang sudah tuntas dikerjakan.

Upakara Pemelaspasan, Pecaruan Rsi Gana dan Pujawali Sang Hyang Aji Saraswati ini dilaksanakan sebagai wujud syukur serta sradha dan bhakti untuk menetralisir energi negatif, sehingga dalam pemamfaatannya nanti kawasan sekolah ini mampu memberikan aura yang positif.

“Gedung barunya sudah bagus, semoga anak-anak merasa nyaman dan fokus dalam belajar,” ungkap Arya Wibawa.

Dalam kesempatan itu Arya Wibawa mengingatkan agar kepala sekolah menjaga dan menata pembagian zona di dalam sekolah, termasuk tempat parkir, agar terlihat elok dan tidak menganggu.

Serta memperhatikan aliran pembuangan air hujan, sehingga nantinya sekolah tidak banjir.

“Mudah-mudahan dengan optimalnya fasilitas sekolah akan menambah semangat guru dalam mengajar, dan siswa dalam belajar yang muaranya adalah prestasi dan mencerdaskan anak bangsa,” ujar Arya Wibawa

Panitia Upakara, I Made Sudira mengatakan, upacara ini menjadi momentum penting setelah selesai renovasi atau pemugaran gedung kelas.

Hal ini sebagai upaya untuk menetralisir kekuatan sekala dan niskala yang dapat mengganggu areal sekolah.

Lebih lanjut dikatakan, rangkaian upakara diawali dengan pementasan Tari Rejang Dewa yang diiringi tetabuhan dan kidung.

Seluruh rangkaian upacara dipuput Ida Pedanda Pengiasan dari Gerya Pengiasan yang diakhiri dengan persembahyangan bersama.

“Dengan harapan agar anak-anak di SDN 10 Pedungan mendapatkan perlindungan, dari beliau yang berstana di Pura Dalem Penataran Sari, karena sekolah ini berdampingan dengan Pura Dalem Penataran Sari sehingga apa pun yadnya ini sangat erat anak anak merasa nyaman dilingkungan sekolah,” ungkap Sudira.

Dukungan masyarakat dalam pelaksanaan upacara ini juga terlihat melalui swadaya orang tua siswa dan seluruh stakeholder di Pedungan, seperti koperasi, KUD, BPR, dan lainnya.

Kepala Sekolah SDN 10 Pedungan, Ni Nyoman Nanik Lastari, menyampaikan bahwa upacara ini menjadi langkah positif setelah selesai pemugaran gedung kelas yang dilakukan Pemerintah Kota Denpasar sejak bulan April lalu.

“Dengan infrastruktur yang baik, kami berharap penerapan kurikulum merdeka dapat berjalan lebih baik tanpa terganggu oleh lingkungan yang sering mengalami banjir seperti sebelumnya,” ujar Nanik Lastari.

“Semoga upacara ini membawa keberkahan dan kenyamanan bagi seluruh anak-anak yang bersekolah di SDN 10 Pedungan,” imbuhnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!