Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Wayan Suyasa Rancang Program Pendidikan Pro Rakyat

Setarakan Sekolah Swasta dan Negeri

RANCANG PROGRAM PRO RAKYAT: (Kiri) Mantan Bupati Badung Periode 2005-2015, Ida Anak Agung Gde Agung, (kanan) Bakal Calon Bupati Badung 2024, I Wayan Suyasa. (Sumber: Dok. Tim Wasudewa)

 

BADUNG, Balipolitika.com- Jelang perhelatan akbar nasional Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, sejumlah rancangan program pro rakyat telah dipersiapkan oleh Bakal Calon (Balon) Bupati Badung 2024-2029, I Wayan Suyasa bersama sang pendamping I Wayan Disel Astawa tak terkecuali rancangan program pendidikan yang amanah bagi seluruh masyarakat Kabupaten Badung.

Dikutip dari laman resmi Wayan Suyasa, beberapa rancangan program duet Wasudewa (Wayan Suyasa-Disel Astawa) mulai dari sampah, kesehatan, dana banjar hingga rencana pembangunan sangat menarik untuk dibahas seperti rancangan Program Pendidikan Pro Rakyat yang digagas Wayan Suyasa, jika terpilih pada Pilkada Badung 2024 sektor pendidikan jadi perhatian utamanya sebagai bakal calon, merancang program pendidikan gratis yang setara antara sekolah negeri dan swasta.

“Disektor pendidikan selama ini orientasi masyarakat khususnya orang tua atau wali murid, bagaimana para siswa-siswi di Badung bisa menempuh pendidikan tidak dikenakan biaya. Sekolah negeri sudah mendapat perhatian, namun untuk sekolah swasta pun, jika sudah terakreditasi atau statusnya disamakan dengan negeri, siswa bisa digratiskan. Dari SD, SMP, SMA atau SMK baik negeri maupun swasta (sepanjang terakreditasi, red) bisa mendapatkan pendidikan secara gratis. Kami akan perjuangkan regulasinya sehingga program ini bisa berjalan mulus,” ungkap Suyasa, dikutip dari laman resmi Wayan Suyasa, pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Suyasa menegaskan, jika ia diberikan kepercayaan untuk memimpin Kabupaten Badung 2024-2029 akan bekerja secara maksimal guna mewujudkan Badung yang lebih cerdas sejahtera merata, menjadi komitmen kuat dirinya untuk memimpin dengan integeritas dan keberpihakan kepada rakyat.

Memiliki pengalaman sebagai wakil rakyat sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, sebagai Wakil Ketua DPRD Badung selama kurang lebih 15 tahun, membuat Suyasa sangat matang dalam memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Badung.

Menariknya lagi, Wayan Suyasa juga menargetkan untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Badung menjadi Rp 12 Triliun, naik drastis dari Rp 7,5 Triliun PAD yang ditargetkan oleh Bupati Badung saat ini, I Nyoman Giri Prasta dalam APBD 2024, melalui kajian-kajiannya bersama tim dan para pakar jika ia terpilih sebagai Bupati Badung 2024-2029.

“Kedepan, di Pilkada Serentak 2024 tepatnya 27 November 2024, kami akan menjaga kepercayaan ini sehingga harus berkoordinasi dengan induk partai, seluruh lapisan masyarakat, tokoh-tokoh yang sudah pernah mengabdi selaku kepala daerah di Badung, LSM, generasi milenial seperti karang taruna, sekeha teruna. Semua mari kita duduk bersama, termasuk insan-insan partai politik,” tutupnya. (bp/gk)


Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!