Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Suiasa Tanam Kelapa Genjah di Banjar Babakan Kangin

PUJAWALI: Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa hadiri Pujawali Piodalan di Pura Prajapati Banjar Babakan Kangin, Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Sabtu, 22 Juni 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com Mewakili I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bertepatan dengan Rainan Tumpek Wayang Kajeng Kliwon, Sabtu, 22 Juni 2024 menghadiri Pujawali Piodalan sekaligus melaksanakan penanaman pohon kelapa genjah di areal Pura Prajapati, Banjar Babakan Kangin, Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Mengwi, Perbekel Desa Gulingan, serta krama Banjar Babakan Kangin Desa Gulingan.

Wabup Suiasa menyampaikan rasa bahagia sudah berkesempatan hadir dalam upacara piodalan di Pura Prajapati yang bertepatan pada Rahina Tumpek Wayang dan turut mendoakan agar piodalan berjalan dengan labda karya sida sidaning don serta menganugerahkan kesehatan dan kerahayuan untuk krama semua.

Terkait dengan penataan palemahan kawasan di areal pura prajapati dengan penanaman pohon kelapa genjah, ini bertujuan untuk memotivasi, mematik niat masyarakat untuk meningkatkan srada baktinya secara terus menerus.

“Selain untuk memperbaiki sarana fisik bangunan pelinggih juga harus memperhatikan lingkungannya. Artinya bahwa konsep Tri Hita Karana sudah dilaksanakan. Parahyangannya sudah bagus, pawongan pelaksanaan Pujawali sudah berjalan labda karya dan palemahan sudah baik bahkan dihijaukan dengan penanaman pohon kelapa. Ini merupakan contoh hal yang bagus sesuai yang kita harapkan dan bisa dijadikan contoh untuk di banjar-banjar dan desa-desa yang lain di Kabupaten Badung,” harapnya.

Sementara Prawartaka Karya Nyoman Suweden mewakili seluruh krama Banjar Babakan Kangin, Desa Gulingan menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati Suiasa yang sudah berkenan hadir dalam pujawali piodalan di Pura Prajapati Banjar Babakan Kangin, Gulingan.

Terkait dengan pembangunan fisik balai gong, balai kulkul, balai pesantian, tembok penyengker, apit surang Pura Prajapati Banjar Babakan Kangin Desa Gulingan sudah mendapatkan bantuan dana BKK di anggaran induk tahun 2024 sebesar Rp1 miliar lebih dan untuk pembangunannya masih dalam progres sampai saat ini. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!