Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Keren, PKK Gianyar Raih Juara 2 Lomba Pengolahan Ikan

JUARA: Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar menerima penghargaan sebagai juara 2 lomba memasak serba ikan.

GIANYAR, Balipolitika.com-
Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar menerima penghargaan sebagai juara 2 lomba memasak serba ikan dalam lomba mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan masyarakat dan inovasi menu olahan berbahan baku ikan, Kamis 13 Juni 2024 di Living Word Denpasar.
Lomba digelar sebelumnya, Senin 10 Juni 2024 oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan TP PKK Provinsi Bali dalam bingkai kegiatan Bali Jagadhita di Hotel The Meru Sanur.

Ketua Tim Penggerak PKK Gianyar Ny. Widiastuti Wirasa berharap dengan mendapatkan juara 2 menu-menu yang dilombakan dapat dicoba dan di implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Ya harapannya tentu bisa diterapkan atau dicoba untuk menu sehari-hari, baik untuk konsumsi kudapan, sehingga anak-anak dan masyarakat terbiasa dengan mengkonsumsi ikan. Terlebih ikan dapat diolah menjadi berbagai menu masakan,” harapnya.

Dilanjutkannya bahwa dengan mengkonsumsi ikan akan dapat menambah asupan gisi masyarakat khususnya anak-anak sehingga mampu menekan angka Stunting di Kabupaten Gianyar.

TP PKK Gianyar tak dapat menyembunyikan rasa bahagianya meski hanya meraih juara 2, namun yang terpenting mampu menampilkan olahan ikan yang menarik, tentunya enak dan bergizi.

“Terpenting ini bisa menarik minat masyarakat untuk makan ikan, selain juara yang terpenting harapannya mampu mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Masalah juara semoga kedepan bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Ny. Widiastuti Wirasa juga menuturkan bahwa memasyarakatkan olahan ikan sudah dilakukan TP PKK, baik dari tingkat desa hingga kecamatan dan kabupaten. Dalam lomba tersebut, TP PKK Kabupaten Gianyar diwakili oleh TP PKK Desa Tulikup Kecamatan Gianyar. Dimana mereka mengolah ikan lele untuk menu balita menjadi sandwich lele gulung.

Untuk kategori snack atau kudapan TP PKK Desa Tulikup mengolah udang menjadi kroket udang keju, serta kategori menu keluarga TP PKK Desa Tulikup mengolah ikan tuna menjadi kare tuna sayur gulung.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!