Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Agama

Toleran, Arya Wibawa Hadiri Trisuci Waisak 2568 BE

Santutthi Citta

WAISAK SUCI: Arya Wibawa menghadiri acara Santutthi Citta serangkaian hari raya Trisuci Waisak 2568 BE Tahun 2024


DENPASAR, Balipolitika.com-
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri acara Santutthi Citta serangkaian hari raya Trisuci Waisak 2568 BE Tahun 2024 yang dilaksanakan di Vihara Buddha Sakyamuni Denpasar, pada Rabu, 12 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut Wawali Arya Wibawa juga menyerahkan secara simbolis sebanyak 11 paket sembako kepada perwakilan vihara Kota Denpasar, Forum Ibu-ibu Budhis, dan DPC Patria Denpasar.

Disela-sela pelaksanaan tersebut Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan bahwa Kota Denpasar sebagai ibukota Provinsi memiliki penduduk yang heterogen. Sehingga, sudah sewajarnya kerukunan umat beragama terus dipupuk, termasuk bersama umat Buddha juga merupakan bagian dari warga Kota Denpasar.

“Dimana dalam pelaksanaan ini merupakan salah satu wujud kebersamaan dalam merajut kebhinekaan serta memperkuat persatuan antar umat, yakni sejalan dengan motto Kota Denpasar yaitu Vasudhaiva Kutumbakam yang berarti menyama braya sehingga kedepannya diharapkan persatuan antar umat di Denpasar menjadi lebih kuat,” ungkap Arya Wibawa.

Sementara Ketua Wadah Antar Lembaga Umat Buddha Indonesia (Walubi) Cabang Denpasar, Pmy. Drs. Sutikno Gunawan dalam sambutannya mengatakan bahwa acara saat ini merupakan puncak dari perayaan Hari Trisuci Waisak 2568 BE Tahun 2024.

Lebih lanjut dikatakannya, dimana dalam Hari Trisuci ini umat Buddha di seluruh Indonesia melakukan satu bulan penuh kegiatan dalam memperingati tiga peristiwa penting bagi umat Buddha yang semua terjadi di bulan purnama seperti kelahiran Pangeran Sidharta Gotama, pencapaian penerangan sempurna (Buddha), dan Parinibhana nya Sang Buddha (Guru para dewa dan manusia).

Dikatakannya, pada hari ini merupakan puncak dari semua rangkaian hari Trisuci Waisak, dan pada tanggal 23 juni 2024 mendatang akan sama-sama merayakan hari Suci Waisak dengan umat sebanyak 3000 orang di Vihara Buddha Sakyamuni Denpasar ini.

“Tentu kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkot Denpasar dan khususnya kepada bapak Wakil Walikota yang dalam hal jni berkesempatan membagikan paket sembako bagi umat buddha di Kota Denpasar,” ujarnya.

Pihaknya berharap kedepannya apa yang telah terjadi saat ini seperti keamanan kerukunan dan toleransi antar umat khususnya yang ada di Kota Denpasar dapat dijaga dengan baik dan dapat ditingkatkan.

“Tentu kami memberikan apresiasi dikarenakan program dari pemkot Denpasar ini sangat menarik untuk mewujudkan keadilan di semua umat beragama,” pungkas Sutikno Gunawan.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!