Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Antisipasi Kebakaran, Disnaker Gelar Sosialisasi APAR

Simulasi Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan

SIMULASI APAR: Dinas Tenagakerja Kabupaten Gianyar menggelar Sosialisasi dan Simulasi Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di The Westin Resort & Spa Ubud Bali, Jumat 2 Februari 2024 pagi.
UBUD, Balipolitika.com- Serangkaian pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024, Dinas Tenagakerja Kabupaten Gianyar menggelar Sosialisasi dan Simulasi Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di The Westin Resort & Spa Ubud Bali, Jumat 2 Februari 2024 pagi.
Mewakili Kadisnaker, acara dibuka langsung oleh Sekdisnaker Kabupaten Gianyar, I Wayan Prayana.

Ketua Panitia, I Made Putra Ariana mengatakan adapun tujuan dilakukannya sosialisasi dan simulasi APAR kali ini, guna memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta tentang pentingnya keamanan dan keselamatan kerja.

Selain itu, juga memberikan pemahaman tentang penyebab kebakaran dan bagaimana menanggulangi kebakaran dalam skala kecil baik dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maupun dengan kain basah.

“Pada kesempatan ini, kami mengundang 30 perusahaan yang ada di Gianyar untuk hadir dan mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini sangat penting, mengingat risiko kebakaran yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja” kata Made Putra Ariana.

Di mana acara diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya penyampaian materi oleh narasumber dari Tim Bidang Pemadam Kebakaran pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gianyar, dilanjutkan dengan praktik langsung penggunaan APAR.“Kami berharap, pengetahuan dan keterampilan dapat diaplikasikan di lingkungan kerja,” harapnya.

Sekdisnaker Kabupaten Gianyar, I Wayan Prayana mengatakan mengingat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bukan hanya tanggung jawab perusahaan, tapi juga menjadi tanggung jawab kita semua.

Salah satunya, tata cara dan prosedur penggunaan APAR. Sehingga penting bagi setiap pekerja untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang handal dalam penggunaan APAR guna mencegah dan menanggulagi api pada tahap awal sebelum berkembang menjadi lebih besar.

“Salah satu prioritas kami adalah memastikan keselamatan dan kesehatan kerja di semua sektor. Salah satu aspek penting dari keselamatan kerja itu adalah pencegahan dan penanganan kebakaran” kata Wayan Prayana.

Lebih lanjut, pada kesempatan tersebut dirinya menekankan betapa pentingnya komitmen bersama untuk mendukung setiap upaya peningkatan kesadaran dan keterampilan dalam penanganan kebakaran dengan mendorong setiap perusahaan rutin mengadakan sosialisasi dan simulasi APAR.

“Ini adalah investasi yang berharga dalam menjaga keselamatan pekerja dan kelangsungan usaha. Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan di lingkungan kerja dan membudayakan keselamatan kerja serta mengurangi resiko kebakaran di tempat kerja,” pesannya.

Sementara itu, Kasatpol PP Gianyar, Made Watha yang hadir dalam acara tersebut mengatakan melihat pentingnya sosialisasi dan simulasi penggunaan APAR, dirinya menekankan kepada peserta untuk serius dalam mengikuti kegiatan ini, sebab musibah itu datang tanpa kita ketahui.

“Yang jelas, Pemerintah dan bapak ibu wajib melakukan pencegahan sedini mungkin apabila hal tersebut terjadi” papar Made Watha.

Selain itu juga, banyak faktor yang menyebakan hal tersebut. Mulai dari faktor manusia yang lalai, faktor peralatan maupun faktor lain yang disebabkan oleh alam.(bp/luc) 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!