Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahPemerintahan

Suiasa Hadiri Karya Padudusan Agung Pura Merajapati, Sangeh

Badung Serahkan 300 Juta, Bentuk Dukungan

KARYA: Wabup Ketut Suiasa Saat Menghadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Merajapati, Banjar Tegal Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Minggu, 12 November 2023. 

 

 

BADUNG, Balipolitika.com-Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri Karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Wraspati Kalpa Agung, Pura Merajapati, Banjar Tegal Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Minggu, 12 November 2023.

Sebagai wujud bhakti dan dukungan pemerintah, Wabup. Suiasa menyerahkan dana upacara secara simbolis sebesar Rp300 juta yang diterima oleh Manggala Karya I Wayan Karyasa, upacara Ngenteg linggih ini dihadiri Perbekel Desa Sangeh I Made Werdiana, Bendesa Adat Gerana I Made Suardika, tokoh masyarakat Sangeh I Putu Dendy Astra Wijaya dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Wabup Ketut Suiasa mewakili Bupati Badung menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Prajuru dan krama Desa Adat Gerana yang telah melaksanakan upacara Ngenteg Linggih, pedudusan Agung, Tawur Wraspati Kalpa Agung, Pura Merajapati, Banjar Tegal Gerana, Sangeh.

Kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat tidak lain untuk meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan kegiatan upacara keagamaan.

“Sudah menjadi komitmen Bupati Badung dan saya selaku Wakil Bupati mewakili pemerintah untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat krama Badung, seperti sekarang masyarakat Banjar Gerana melaksanakan upacara tawur.  Kita harus ngrastiti karya ini, semoga Ida Betara sesuhunan memberikan keselamatan untuk dunia ini, serta diberikan kelancaran dalam pelaksanaan upacara,” ucapnya.

Sementara itu Manggala karya I Wayan Karyasa, mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran Wakil Bupati Badung bersama undangan lainya dimana masyarakat Banjar Tegal Gerana, Sangeh melaksanakan upacara Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Wraspati Kalpa Agung, Pura Merajapati yang puncaknya pada Minggu, Paing Ugu, Tilem Sasih Kalima, tanggal 12 November 2023.

“Dapat kami sampaikan pengempon pura ini berjumlah 52 diri sebagai krama pengarep, 137 Krama Pengele dan untuk jaton bhakti pelaksanaan upacara ini krama mengeluarkan dana sebesar Rp200 ribu untuk Krama Pengarep dan krama pengele mengeluarkan dana sebesar Rp100 ribu dan menggunakan kas krama banjar sebesar Rp 100 juta, jadi untuk upacara ini terkumpul dana sebesar  Rp124.100.000 juta,” jelasnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!