Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

BTPN Syariah Angkat Martabat Sentra Apidyeh Sempidi

Omset Nasabah Meroket 1.000 Persen

SUKSES BERSAMA: Mengajak masyarakat Bali sukses bersama, BTPN Syariah menyambangi Sentra Apidyeh Sempidi di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Selasa, 25 Juni 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com Melayani nasabah inklusi memerlukan pendampingan yang terukur dan keberlanjutan.

Pendampingan inilah yang diberikan oleh BTPN Syariah kepada masyarakat inklusi, bahkan sebelum mereka menjadi nasabah.

Hal ini dilakukan karena BTPN Syariah bertekad menciptakan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih berarti.

BTPN Syariah melayani masyarakat inklusi melalui kumpulan yang dilakukan setiap dua minggu sekali.

Dalam kumpulan, masyarakat inklusi tidak hanya diberikan akses keuangan seperti pencairan pembiayaan dan mengangsur, melainkan juga akses pengetahuan.

Dengan demikian, masyarakat inklusi juga senantiasa mendapatkan pengetahuan untuk terus tumbuh dan memiliki kehidupan yang berarti.

“Kumpulan menjadi wadah BTPN Syariah dalam memberdayakan dan mendampingi masyarakat inklusi, sehingga terbentuk empat sikap unggul, yakni Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu (BDKS),” ungkap Kepala Pembiayaan Area Bali dan Kupang, Dony Aditya Darmawan, Senin, 24 Juni 2024.

Dengan kumpulan ini juga, nasabah tak hanya mampu mengembangkan usahanya, tetapi juga bisa menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitar.

Rahayu, adalah salah satu nasabah sekaligus Ketua Sentra Apidyeh Sempidi di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Rahayu mengatakan BTPN Syariah memberikan kemudahan bagi ibu-ibu nasabah dalam mendapatkan pembiayaan.

Tak hanya itu, pendampingan yang dilakukan melalui kumpulan juga membuat ibu-ibu nasabah memiliki empat perilaku unggul, yakni Berani, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu (BDKS).

“Pelayanan yang diberikan oleh BTPN Syariah memudahkan nasabah, petugas ramah, dan sistem kumpulan yang dilakukan setiap dua minggu sekali membuat usaha ibu-ibu nasabah tumbuh dan memiliki hidup yang lebih baik,” kata Rahayu.

Sebagai Ketua Sentra, Rahayu juga terus berupaya menjaga kelompoknya tetap kompak dengan cara berkomunikasi secara intens menyasar seluruh anggota sentra tidak hanya saat akan kumpulan saja.

“Saya terus berkomunikasi dan telepon ketika ada ibu nasabah yang tidak hadir. Saya juga terus mengingatkan untuk menerapkan apa yang diajarkan dalam kumpulan dan melakukan seluruh kewajiban sebagai nasabah. Prinsip BDKS juga terus dilakukan,” tutur Rahayu.

Senada, Nurul, salah satu anggota Sentra Apidyeh Sempidi yang juga warga di Kecamatan Mengwi mengaku mendapatkan manfaat dari kumpulan yang digelar setiap dua minggu sekali.

Nurul berkisah mendapatkan berbagai ilmu yang sebelumnya belum pernah didapat.

“Saya mendapatkan manfaat luar biasa dengan adanya kumpulan, tidak hanya bisa memahami bagaimana mengelola keuangan sehingga dapat mengangsur tepat waktu, namun saya juga mendapatkan ilmu-ilmu yang saya tidak pernah dapatkan sebelumnya dan itu sangat membantu saya untuk menjadi seperti sekarang ini,” tutur Nurul.

Sebelum mendapatkan pembiayaan dan pendampingan dari BTPN Syariah, Nurul yang biasanya berjualan sayuran di Pasar Tiara dari pukul 22.00 Wita hingga 06.00 wita mengantongi omzet sekitar Rp300 ribu per hari.

Namun, setelah mendapatkan pembiayaan dan pendampingan dari BTPN Syariah, usaha Nurul tumbuh hingga mendapatkan omzet sekitar Rp2,5 juta per hari.

“Sebelum mendapatkan pembiayaan dan pendampingan dari BTPN Syariah, saya jualan sayuran sampai pagi namun omzet hanya Rp300 ribu per hari. Tapi sekarang setelah menjadi nasabah omzet menjadi Rp2,5 juta per hari,” ungkap Nurul.

Tak hanya itu, Nurul juga dapat memberdayakan warga sekitar dengan membuka lapangan pekerjaan. Kini, Nurul telah memiliki satu karyawan untuk membantunya berjualan sayuran di Pasar Tiara. Ia berencana menambah jumlah karyawannya seiring usahanya yang kian bertumbuh.

Semula, Nurul mendapatkan pembiayaan sebesar Rp3 juta dari BTPN Syariah. Sejalan dengan pertumbuhan usahanya, pembiayaan yang didapat Nurul juga meningkat secara bertahap menjadi Rp5 juta dan sekarang menjadi Rp10 juta.

“Sekarang pembiayaan bertambah lagi, menambah modal lagi, dan mau menambah karyawan,” tutur Nurul.

Merespons curhat nasabah, Corporate & Marketing Communication Head Ainul Yaqin mengatakan BTPN Syariah merupakan satu-satunya bank syariah yang fokus memberdayakan masyarakat inklusi.

Di sini, BTPN Syariah memberikan empat akses sekaligus kepada nasabah. Pertama, akses keuangan dengan menyediakan layanan perbankan yang tepat dan adaptif.

Kedua, akses pengetahuan dengan memberikan program pemberdayaan yang semakin inovatif.

Ketiga, akses persediaan barang dan jasa. Keempat, akses pasar agar ibu-ibu nasabah dapat memasarkan produknya lebih luas.

“Untuk mendapatkan empat akses tersebut, ibu-ibu harus mengikuti kumpulan dua minggu sekali,” jelas Ainul.

Sebagai informasi, hingga kuartal I 2024, BTPN Syariah telah menyalurkan pembiayaan kurang lebih Rp78 miliar kepada 27 ribu nasabah yang tersebar di 3.100 sentra atau kumpulan di Bali.

BTPN Syariah merupakan satu-satunya bank syariah yang fokus memberdayakan masyarakat inklusi atau mereka yang belum tersentuh layanan keuangan formal (unbankable).

Perempuan menjadi target utama pemberdayaan karena Bank percaya, bila perempuan berdaya maka keluarga pasti berdaya.

Adapun dalam memberdayakan masyarakat inklusi, BTPN Syariah tetap menjalankan fungsinya sebagai bank dengan menghimpun dana dari keluarga sejahtera dan kemudian disalurkan sepenuhnya untuk segmen ultra mikro.

Dengan demikian, bank membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk bersama-sama memberdayakan umat.

Program pemberdayaan ini dilakukan oleh petugas lapangan atau Community Officer (CO). Mereka adalah #bankirpemberdaya, perempuan muda lulusan SMA yang terlatih dan memiliki motivasi tinggi dalam mendampingi keluarga prasejahtera produktif di sentra-sentra nasabah dengan mengajarkan empat perilaku unggul, yakni Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu (BDKS).

Peran #bankirpemberdaya dalam mendampingi masyarakat inklusi di berbagai daerah Indonesia dapat dilihat langsung di Instagram @bankirpemberdaya.btpns.

Dengan fokus bisnis tersebut, BTPN Syariah ikut memberdayakan masyarakat inklusi Indonesia.

Hal ini terbukti dari hasil survei Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LDUI) terhadap sebagian nasabah BTPN Syariah secara sampling dan pemantauan internal BTPN Syariah terhadap setiap nasabah.

Hasil survei dan pemantauan tersebut menunjukkan bahwa nasabah yang mengalami kemiskinan ekstrem terus menurun dan jumlah keluarga dengan anak bersekolah meningkat. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!