Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Sekaa Gong Batur Mahaswara 100 Persen Rasa Batuan

OTENTIK: Penampilan Sekaa Gong Batur Mahaswara, Desa Batuan dalam utsawa (parade) Gong Kebyar Dewasa pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Provinsi Bali, Sabtu, 22 Juni 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Penampilan memukau Sekaa Gong Batur Mahaswara, Desa Batuan dalam utsawa (parade) Gong Kebyar Dewasa pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Provinsi Bali, Sabtu, 22 Juni 2024 malam mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat yang menyesaki panggung terbuka Ardha Candra.

Turut berbaur dengan para penonton, terlihat Penjabat Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa didampingi istri dan Sekda Gianyar Dewa Alit Mudiarta beserta jajaran pejabat Pemkab Gianyar menonton penampilan Sekaa Gong Batur Mahaswara yang menghadirkan sentuhan seni khas Desa Batuan.

Mulai dari garapan, penabuh, penari, kostum hingga seluruh pernak-pernik ukiran pendukung properti yang terlibat didalamnya.

Komunitas Seni Lukis Batur Ulangun memberikan sentuhan khas seni lukis Gaya Batuan pada kostum yang digunakan penabuh.

Komunitas Citra Kara mengukir bentuk serta pernik ukiran wastra penabuh, pakaian tari, dan mendukung properti.

Komunitas Wetalika Baturan sebagai penggarap karya serta Komunitas Askara Rupa Baturan mendokumentasikan pun memvisualisasidigitalkan karya.

Dukungan Desa Adat Batuan dengan seperangkat gong kebyar melengkapi kebanggaan atas 100 persen rasa Batuan.

Sekaa Gong Batur Mahaswara, Duta Kabupaten Gianyar membawakan 3 garapan, yaitu Tabuh Pepanggulan “Tembang Salukar”, Tari Kekebyaran “Demung Amanggung” dan Fragmentari “Baturan Anggugat”.

Terbukti, penampilannya mampu memikat hati semua kalangan masyarakat dan memukau ribuan mata penonton yang menyaksikannya.

Penampilan Gong Kebyar Dewasa Batur Mahaswara diawali membawakan garapan Tabuh Pepanggulan Kreasi “Tembang Salukar” yang terinspirasi dari kekayaan musikal Baturan yang diimplementasikan dalam rona entitas gending pegambuhan dan genggong dipadukan dalam rambat modulasi serta pola cecandetan menyatu dalam relung imajiner.

Sebuah refleksi senandung estetis pegambuhan dalam romansa pangrumrum Rahadian Panji, Tembang Salukar Madu Kepasiran, Adi Semara dua dimensi selaras menuai Jana Kerthi Samasta karya seniman I Komang Winantara, S.Sn.

Dilanjutkan dengan Tari Kekebyaran “Demung Amanggung” yang merupakan bentuk garap karya tari kekebyaran yang terinspirasi dari daya estetik gerak-gerak tokoh Demang Tumenggung Pagambuhan Gaya Batuan yang berkarakter tegas, agung, berwibawa, dan terkadang lucu.

Selaras imajinasi penata, rekacipta karya tari ini berpijak pada pola tari klasik yang menonjolkan karakter keras terpadu harmoni dengan iringannya yang mengangkat kekunoan klasik sehingga diharapkan dapat memancarkan simbolik esensi vibrasi ekspresi sani manunggal ing angga sarira-katon sami mulat yang bermartabat dan unggul karya seniman I Kadek Karyana, SE.

Sebagai penampilan penutup, ditampilakan Fragmentari “Baturan Angugat” karya seniman Dr. I Wayan Budiarsa, S.Sn., M.Si yang mengisahkan kehidupan masyarakat Batuan pada zaman Bali Kuno, yakni ketika pemerintahan Bali dipimpin oleh Raja Bali ke-10, Sri Ajie Marakatta yang tersohor adil bijaksana.

Baturan Anggugat adalah kisah perjuangan heroik cerdas dan bermartabat unggul dari sapasuk tani Kraman I Baturan menghadap raja untuk memohon keadilan dan keringanan upeti karena tugas dan tanggung jawab pemeliharaan wilayah pasraman yang luas dan tanggungjawab pelestarian seni, tradisi dan budaya di tanah Bali.

Hasil pesamuan agung tersebut berupa kebijaksanaan Sang Raja yang menjadi penanda diterbitkannya Prasasti Baturan “Kala Içaka 944, Posyamasa, Titi Pratipada Sukla Paksa, Wara Ukir”.

Sampai saat ini, Prasasti Baturan sangat disakralkan masyarakat Batuan yang memuat tatanan agama, adat, kehidupan sosial, kehidupan seni pertunjukan “manuling”, dan seni rupa “Citrakara”.

Petikan-petikan yang termuat dalam prasasti tersebut sampai kini masih dapat disaksikan, ajeg, dan lestari mengilhami setiap sendi kehidupan masyarakat Batuan yang terwariskan dari generasi ke generasi. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!