Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Jaya Negara Hadiri Pujawali Agung Pura Batu Bintang

SUJUD BAKTI: Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghaturkan bakti di Pura Batu Bintang, Desa Dauh Puri Klod serangkaian Pujawali Agung, Selasa, 28 Mei 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Pujawali Agung di Pura Batu Bintang, Desa Dauh Puri Klod, Kecamatan Denpasar Barat bertepatan dengan Anggara Kliwon Wuku Prangbakat, Selasa, 28 Mei 2024.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Denpasar Barat, Ida Bagus Made Purwanasara, Perbekel Desa Dauh Puri Klod, Nengah Suartha serta seluruh masyarakat Banjar Batu Bintang.

Kelian Adat Banjar Batu Bintang, I Gusti Ketut Bayu Yudo Prasetya saat ditemui mengatakan bahwa bertepatan dengan Rahina Anggarakasih Perangbakat merupakan pelaksanaan upacara pujawali rutin dilaksanakan di Pura Batu Bintang, Banjar Batu Bintang.

Pujawali Agung yang dipuput oleh Ida Pedanda Putra Anom dari Griya Ubung ini terakhir dilaksanakan sekitar 6 tahun lalu oleh pengempon Pura Batu Bintang.

“Ini merupakan bentuk wujud bhakti kami terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Berlangsungnya upacara pujawali kami harapkan kesucian dan kerahayuan senantiasa menyertai seluruh masyarakat Banjar Batu Bintang,” harap Yudo Prasetya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar, khususnya Wali Kota I Gusti Ngurah Jaya Negara yang menyempatkan diri untuk hadir dan turut melaksanakan persembahyangan di Pura Batu Bintang.

Sebagai kota berwawasan budaya, Jaya Negara menyebut bahwa masyarakat Kota Denpasar tak luput dari aktivitas adat, seni, dan kebudayaan yang kental.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya upacara ini dapat meningkatkan rasa sradha bhakti kepada Ida Sang hyang Widhi Wasa. Selain itu tentu juga dapat meningkatkan hubungan yang harmonis kepada sesama umat di Kota Denpasar dan khususnya warga di Desa Dauh Puri Kelod sendiri,” kata Jaya Negara. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!