Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

DaerahEventPemerintahanSeni & Budaya

Walikota Jaya Negara Buka Lomba Puja Trisandya Tingkat SD dan SMP se-Kota Denpasar

LOMBA PUJA TRISANDYA: Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat Menghadiri Lomba Puja Trisandya Tingkat SD dan SMP di Halaman Pura Jagatnatha

 

DENPASAR Balipolitika.com- Pemerintah Kota Denpasar bersinergi dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar, menggelar lomba Puja Trisandya tingkat SD dan SMP, Sabtu, 17 Februari 2024 di halaman Pura Jagatnatha. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-236 Kota Denpasar, yang akan jatuh pada 27 Februari mendatang.

Kegiatan perlombaan ini, dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, yang tampak didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua PHDI Kota Denpasar, I Made Arka, dan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara beserta unsur terkait lainya.

Walikota Denpasar, Jaya Negara saat ditemui di sela-sela kegiatan menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan perlombaan yang digagas oleh PHDI Kota Denpasar ini sebagai sebuah kegiatan yang turut memeriahkan HUT ke-236 Kota Denpasar. “Lomba-lomba semacam ini sangat baik sebagai upaya penguatan karakter generasi muda di Kota Denpasar di tengah berbagai tantangan akibat kemajuan IPTEK dan era globalisasi,” jelasnya. Menurutnya jika anak-anak sudah mempunyai landasan ajaran agama Hindu yang baik maka akan memiliki karakter yang baik dan handal. Jaya Negara berharap kegiatan semacam ini akan dapat dilaksanakan secara rutin, karena akan semakin memacu peningkatan kemampuan anak-anak sejak dini soal bait-bait dan cara melantunkan Puja Trisandya dengan benar.

Sementara itu, Ketua PHDI Kota Denpasar, I Made Arka dalam laporannya mengatakan, gelaran yang memperebutkan Piala Bergilir Walikota Denpasar ini, diikuti 53 grup untuk SD dan 30 grup SMP. Setiap grup sendiri, terdiri dari 3 orang campuran laki perempuan. Pelaksanaan lomba ini akan diadakan selama dua hari, yakni dari tanggal 17 sampai 18 Februari 2024. Lebih jauh Made Arka menyatakan, lomba ini diharapkan akan semakin membuat para remaja Hindu dapat menghayati dan melaksanakan Puja Trisandya yang baik dan benar. “Baik dari segi pengucapan, sikap yang baik dan benar serta penghayatan saat melakukan Puja Trisandya. Harus diakui, para peserta yang tampil sebagian besar sudah bagus dalam melantunkan puja tri sandya,” ungkapnya.

Made Arka juga menyebut, dengan digelarnya lomba ini, maka para generasi muda akan tetap berpegang teguh pada ajaran agama Hindu. Baik siswa dari tingkatan SD, maupun pada tingkatan SMP akan bisa lebih mengenal Hindu secara menyeluruh dan yakin terhadap Tuhannya. Dan juga bisa melantunkan mantram Trisandya sesuai yang telah ditetapkan dalam satuan tafsir PHDI Pusat Tahun 1991. “Selain itu, kegiatan Puja Trisandya ini diharapkan akan dapat dilaksanakan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan baik, bukan hanya dilaksanakan saat lomba semata,” tegas Made Arka. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!