Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYAEventPemerintahan

Wabup Suiasa Hadiri HUT Sekaa Teruna Widya Dharma Sayan Baleran Mengwi

Guyur Rp30 Juta untuk Contest Modification Festival

Wakil Bupati I Ketut Suiasa menghadiri perayaan HUT. ST. Widya Dharma Ke-45 Tahun Banjar Sayan Baleran, Desa Werdi Bhuana, Kecamatan Mengwi, Badung, Sabtu 29 Juni 2024 di Wantilan Pura Desa, Desa Adat Banjar Sayan. (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Badung)

 

BADUNG, Balipolitika.com- Wakil Bupati I Ketut Suiasa mewakili Bupati Badung menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Sekaa Teruna Widya Dharma yang Ke-45 Tahun Banjar Sayan Baleran, Desa Werdi Bhuana, Kecamatan Mengwi, Badung, Sabtu 29 Juni 2024 bertempat di Wantilan Pura Desa, Desa Adat Banjar Sayan.

Turut hadir dalam kesempatan ini Camat Mengwi Nyoman Suhartana serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Werdi Bhuwana I Ketut Sadia Wijaya, Ketua BPD Desa Werdi Bhuwana, Bendesa Adat Banjar Sayan, Kelian Dinas Kelian Adat Banjar Sayan Baleran, Ketua Karang Taruna dan Ketua Sekaa Teruna Se-Desa Werdi Bhuwana serta tokoh dan masyarakat setempat.

Pemerintah Kabupaten Badung juga memberi dana kreatifitas untuk kegiatan Contest Modification Festival sebesar Rp 30 juta dan untuk perayaan HUT Sekaa Teruna sebesar Rp 10 juta.

Wabup. Suiasa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi kepada sekaa teruna atas kegiatan perayaan HUT yang sudah berjalan dengan baik.

Ditekankan agar sekaa teruna setiap melaksanakan kegiatan supaya berpedoman kepada konsep Tri Hita Karana yang ada di bebanjaran maupun di Desa Adat masing-masing, karena Sekaa Teruna sebagai tulang punggung generasi penerus yang ada di Desa Adat  maupun di bebanjaran.

 “Kehadiran kami di sini beserta komponen masyarakat ikut serta menyaksikan perayaan ulang tahun dari Sekaa Teruna Widya Dharma, untuk itu sekaa teruna di sini diharapkan ikut serta melaksanakan kegiatan adat dengan konsep Tri Hita Karana seperti parahyangan, pawongan, dan pelemahan yang dilaksanakan oleh Desa Adat maupun para penglingsir kita sejak dulu dalam melestarikan seni, adat, dan budaya,” ujar Wabup Suiasa.

Selain itu juga, pelaksanaan ulang tahun ini dipakai pedoman untuk meningkatkan kebersamaan antar sekaa teruna, karena banyak yang bisa diperbuat untuk kebaikan jika bisa berbenah untuk diri sendiri, selanjutnya digunakan dalam berorganisasi sebagai anggota sekaa teruna.

“Apalagi Pemerintah Kabupaten Badung selalu siap untuk mendukung kegiatan sekaa teruna seperti sekarang ini ada kegiatan Contest Modification, Pemerintah membantu sebesar Rp 30 juta serta untuk kegiatan perayaan ulang tahun juga mendapat Rp 10 juta,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Sekaa Teruna Widya Dharma  Putu Gede Wahyu Wiskha Prasetia, menyampaikan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas karunia atas karunia Beliau semua bisa berkumpul dalam keadaan sehat.

Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk Wakil Bupati Badung bersama undangan lainnya dalam acara yang dilaksanakan dalam memperingati HUT Sekaa Teruna Widya Dharma yang Ke-45 sekaligus diadakan kegiatan Contest Modification Festival.

“Besar harapan kami dengan dilaksanakan kegiatan ini secara rutin tiap tahunnya bisa sebagai media dalam menuangkan hoby dan memupuk rasa persaudaraan dan kekeluarga antar sekaa teruna dan masyarakat.”

“Serta kami juga tak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pelaksanaan kegiatan ini sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dari awal hingga sampai selesai,” pungkasnya. (bp/gp)


Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!