Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Krisis Air, Adi Arnawa Minta Direksi PDAM Badung Stop Berwacana

Butuh 2.000 Tersedia 900 Liter Per Detik

RAPAT: Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa rapat dengan Direksi Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung di Ruang Rapat Sekda, Puspem Badung, Senin, 3 Juni 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com Menindaklanjuti permasalahan kekurangan air bersih di Badung Selatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa melaksanakan rapat dengan Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung beserta jajaran di Ruang Rapat Sekda, Puspem Badung, Senin, 3 Juni 2024.

Turut hadir anggota Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Mangutama I Made Agus Arsana dan I Ketut Gede Sunarta, serta perwakilan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Badung.

Permasalahan utama kurangnya air di daerah Badung Selatan disebabkan karena tidak terpenuhinya penyaluran air karena infrastruktur penyaluran air yang belum memadai.

Kebutuhan air di daerah Badung Selatan 2.000 liter per detik, namun baru bisa tersedia 900 liter per detik.

Mengatasi permasalahan itu, dijelaskan bahwa solusi jangka pendek yang akan dilakukan yakni menambah pompa air di IPA Estuary dan Tegeh Sari, menambah resevoir atau tempat penyimpanan air, serta memasang pipa transmisi dari IPA Estuary ke UPA Siligita Nusa Dua yang akan diselesaikan di bulan Juli 2024 mendatang.

Hal tersebut diperkirakan akan menambah suplai air sekitar 70 liter per detik.

“Saya meminta kepada direksi dan jajarannya untuk tidak main-main; tidak sekedar wacana-wacana, tetapi harus melakukan aksi atau langkah-langkah serta progres yang jelas untuk menyelesaikan permasalahan air ini,” tegas Adi Arnawa.

Untuk jangka menengah akan dilakukan pembaharuan dan perbaikan jaringan-jaringan di wilayah Badung Selatan tersebut.

Dijelaskan bahwa penyelesaian masalah ini bukannya hanya penyelesaian sementara saja, tapi untuk menuntaskan permasalahan air yang ada di daerah tersebut agar tidak lagi daerah Badung Selatan kekurangan air.

Dengan masifnya pembangunan yang ada di daerah Badung Selatan seiring dengan masifnya kunjungan wisatawan, diharapkan Perumda Air Minum Tirta Mangutama tidak kalah cepatnya untuk menyiapkan infrastruktur pemenuhan kebutuhan air di daerah tersebut.

“Siapapun pihak swasta yang berminat untuk kerja sama dengan Perumda Air Minum Tirta Mangutama silahkan, tetapi pastikan bisa memenuhi kebutuhan air di Badung Selatan,” ucapnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!