Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Arya Wibawa Hadiri HUT ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara

VASUDHAIVA KUTUMBAKAM: Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta hadiri HUT ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Rabu, 29 Mei 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Perayaan HUT ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) yang digelar di Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Rabu, 29 Mei 2024.

Perayaan ini diharapkan menjadi momentum untuk menggelorakan spirit Vasudhaiva Kutumbakam untuk terus melayani umat Hindu sesuai dengan sastra agama.

Rangkaian perayaan diawali dengan penampilan bondres dari PSN Bali dan pembacaan sloka.

Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan pembukaan kursus Brahma Widya, serta penyerahan bantuan.

Sebagai pemuncak acara dilaksanakan pemotongan tumpeng HUT ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara dan dharma wacana.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta serta undangan lainya.

Ketua PSN Korwil Provinsi Bali, Jro Mangku I Wayan Dodi Arianta didampingi Ketua Panitia, Anak Agung Mangku Gede Agung mengatakan bahwa HUT ke-25 PSN merupakan momentum silaturahmi sekaligus menguatkan organisasi.

Perayaan ini mengusung tema “Melalui HUT ke-25 PSN Kita Wujudkan Pinandita yang Profesional, Intelektual, Moderat dan Penuh Pengabdian”.

Tema ini lanjut Jro Mangku Wayan Dodi merupakan sebuah upaya berkelanjutan dalam meningkatkan pelayanan bagi umat Hindu.

Serangkaian HUT tahun ini, berbagai kegiatan turut dilaksanakan di antaranya seminar nasional, panglukatan Banyu Pinaruh, kursus teologi Brahma Widya hingga berbagai pementasan seni.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Semoga secara berkelanjutan PSN dapat terus melayani umat Hindu, serta dapat mewujudkan pinandita yang andal, profesional, solid, dan memiliki integritas yang tinggi dan moral sepiritual yang tangguh,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dalam sambutanya mengatakan bahwa keberadaan pinandita atau pemangku sebagai salah satu pelayan umat tentunya memiliki tanggung jawab yang berat dalam menjalankan tugas-tugas dalam bidang keagamaan.

Hal ini lantaran seorang pinandita dewasa ini tidak hanya melaksanakan tugas pelayanan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, melainkan juga diharapkan mampu memberikan tuntunan kepada umat terlebih dalam situasi perkembangan zaman.

Lebih lanjut dijelaskan, melalui sastra suci keagamaan, pinandita diharapkan mampu menggetoktularkan ajaran dharma sehingga umat dapat berpikir, berkata dan berbuat sesuai dengan ajaran keagamaan.

Hal ini tentu sejalan dengan visi Kota Denpasar yaitu Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul).

“Selamat Ulang Tahun ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara. Semoga momentum ini dapat menjadi wahana impementasi spirit Vasudhaiva Kutumbakam bahwa kita semua bersaudara untuk terus memberikan pelayanan bagi umat Hindu sesuai dengan sastra agama,” ujarnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!